Monday 1 September 2014

Budidaya Kroto Semut Rangrang

Bismillah
brother krotopenk...
langsung final aja kepokok ulasannya yah, Budidaya semut rangrang ini memiliki berbagai pilihan penangkaran, beberapa pilihan dalam penangkaran antara lain :

1. menggunakan media Bambu
2. menggunakan media pralon PVC
3. menggunakan media Toples mika
4. menggunakan media Kardus
5. menggunakan media Besek
6. menggunakan media botol air mineral dll

Brother Krotopenk...
   Ketujuh pilihan penangkaran diatas memiliki keuntungan dan kekurangan masing-masing, Brother hanya tinggal memilih mana yang menjadi pilihan dan kenyamanan dalam budidaya kroto semut rangrang ini. sebelum kita uraikan cara penangkaran diatas, baiknya kita pahami maksud brother membudidaya semut ranrang. 
   Budidaya dengan maksud menjadikannya bisnis sampingan atau benar-benar menjadikannya bisnis utuh seutuhnya (pilihan mata pencarian)
   Untuk budidaya kroto semut rangrang, kami menyarankan sebagai bisnis sampingan saja, karena selain mudah mengelolanya juga tidak banyak menghabiskan waktu. sehingga kita dapat melakukan kegiatan keseharian lainnya. berbeda jika kita jadikan bisnis budidaya ini benar-benar mata pencaharian wah benar-benar butuh penanganan khusus dan usaha serta modal yang tidak sedikit namun resiko kerugian dan kekecewaan yang besar. mengapa demikian ?  karena selain perhatian yang keseringan kita berikan mengakibatkan tingkat kegagalan yang tinggi. sementara semut membutuhkan privasi dan ketersediaan pakan yang cukup. artinya kita hanya memberinya makan secukupnya serta minuman yang selalu tersedia yang dilakukan 3 hari sekali saja. sebaliknya jika kita intens memperhatikan dan mengutak utik setiap saat otomatis semut tidak akan betah dan banyak yang stres serta menjatuhkan diri atau mati.

Kita akan membahas pilihan budidaya diatas pada bab-bab yang berbeda. selanjutnya kebutuhan - kebutuhan dalam budidaya semut dalam memulainya kita bahas satu persatu disini, agar brother dapat mempersiapkan hal -hal yang diperlukan. kebutuhan budidaya kroto semut rangrang adalah :

 1. Niat/Hobby
hal ini penting karena dengan niat yang serius kita akan terus mempelajari dan mencari tahu bagaimana proses budidaya yang benar dan menguntungkan tidak sekedar coba-coba saja, sementara hobby adalah cinta, dengan cinta kita akan memperlakukan semut sesuai keinginan dan kenyamanan semut tersebut.

2. Tempat/lokasi
Pilihlah tempat terbaik dalam menentukan penangkaran semut-semut ini, bisa halaman belakang rumah atau halaman depan rumah,loteng atau kamar yang kosong yang tidak ditempati, jangan sekali-kali memposisikan penangkaran semut berada dihalaman tengah atau tempat yang kerap kali keluarga beraktifitas, karena hal ini dapat memicu semut-semut stress karena memelihara semut rangrang tentu tidak seperti memelihara ikan lohan, hehehehe...

3. Kandang/Rak
Digunakan sebagai media penempatan atau penyusunan sarang-sarang semut nantinya entah itu bambu,pralon atau toples sesuai pilihan brother memilihnya dalam memelihara semut rangrang ini. untuk ukuran rak dapat menyesuaikan tempat atau keinginan, contoh yang saya gunakan adalah lebar 60 cm panjang 200 cm. tinggi  180 cm menggunakan 3 tingkat (milik saya) bisa juga 5 tingkat yang terpenting jarak antara lantai dan tingkat pertama harus 30 cm atau lebih agar semut tidak berani menjatuhkan diri kebawah, usahakan lantai paling bawah lebar tripleknya lebih lebar, hal ini penting dikarenakan bila semut-semut yang terjatuh dari rak-rak/tingkat diatasnya tidak langsung terjatuh ke tanah/lantai rumah.











4.Sarang (toples,pvc,bambu,besek,kardus)
pada rak diatas kita bisa meletakan media sarang semutnya baik menggunakan toples,paralon,bambu atau lainnya. yang perlu dibantu dengan menambahkan lubang seukuran diameter sebatang rokok adalah media toples dan kardus, sebagai lalu lalang semut untuk beraktifitas. sementara bambu dan paralon cukup diletakan saja berbanjar lurus, jika anda bertanya media apa yang paling mudah dan nyaman untuk semut, tentunya semuanya nyaman yang terpenting tempat jauh atau terhindar dari lalu lalang orang.  


5. Wadah pakan
- minuman gunakan baki plastik atau nampan bisa pula tutup kaleng biskuit atau kalau anda mau kreatif belah bambu menjadi 2 bagian bersikan dan letakan diantara dua banjar sarang sarang semut, atau mudah kita menggambarkannya seperti selokan air cuma isinya air gula bukannya comberan..hahaha
-wadah pakan, sama gunakan tempat-tempat seperti diatas untuk wadah jangkrik,ulat, atau tulang belulang ayam. atau apalah yang penting semut doyan...


6. Baskom 4 buah.
 digunakan untuk menjaga kaki-kaki rak dengan diisi oli, agar semut tidak melarikan diri dari kandang 


7. Pressure spayer
Tahukan alat ini, ini biasa digunakan para penghoby burung untuk memandikan burung, kenapa harus pressure spayer. karena dengan alat ini tekanan anginnya kuat dan sebaran airnya seperti hujan lembut berbeda kalo pakai spray kispray wah...yang ada semutnya mental-mental. alat ini dibutuhkan guna:
- mengurangi suasana panas di kandang. kenapa hal ini wajib. semut itu asli habitatnya dipohon rindang atau   di hutan. nah kalo kita budidaya kita harus sering2 menyemprotnya guna mendinginkan suhu yang panas minimal 1 kali disiang hari.
- alat ini juga ampuh mencegah perang antar koloni. semprot aja entar juga mereka bete, perang jadi batal
- mencegah bila semut akan melarikan diri dari kandang, biasanya bila tempat/rak berdekatan dengan sesuatu seperti tembok,barang-barang lain, ini menggoda mereka untuk pergi dengan cara sompo-sompohan kaya panjat pinang gitulah...


8. Bibit semut rangrang
anda bisa mendapatkannya dari alam atau membelinya. untuk cara pengambilan dari alam akan kita bahas di bab yang berbeda aja yah...

No comments:

Post a Comment