Wednesday 1 November 2017

Panen Kroto


Sebelum melakukan proses pemanenan, peternak perlu menghitung waktu yang tepat untuk memanen kroto, agar mendapatkan telut kroto yang banyak, sebaiknya koloni semut dibiarkan hingga terbentuk 5-6 generasi telebih dahulu. Pembentukan satu generasi semut rangrang membutuhkan waktu 15 -20 hari.

  Telur yang jadi semut sampai beberapa generasi sehingga nantinya koloni bertambah besar dan produksi kroto lebih banyak saat dipanen. Memang,Jika mempertimbangkan faktor risiko, pemanenan yang dilakukan dalam waktu singkat lebih sedikit resikonya. Namun ,volume produksi kroto yang dihasilkan akan sedikit  dan tentu akan mempengaruhi pendapatan selama beberapa periode produksi ke depan.

  Tehnik pemanenan kroto sebenarnya sangat sederhana  .Peternak cukup menyediakan bak besar berdiameter 60 cm untuk menampung kroto. dan kawat strimin berukuran 0,5 cm.kemudian, tumpahkan kroto yang telah diambil dari media keatas kawat strimin. ayaklah sampai kroto jatuh didalam bak , sedangkan semut rangrang masih tetap tersangkut dikawat strimin . Lakukan pengayakan sebanyak 3-4 kali untuk memisahkan antara semut dan telurnya. Tujuannya agar kroto yang dihasilkan bersih.

   Namun,perlu diperhatikan jangan sampai semut yang diatas pengayakan mati atau terluka. jadi lakukanlah pengayakan dengan hati - hati karena semut semut tersebut akan dibudidayakan kembali setelah pemanenan selesai.

   Setelah proses pengayakan selesai, tempatkan kroto dalam boks strofoam. produk krotopun sudah siap dijual . Proses pemanenan dalam skala kecil memakan waktu sekitar 2 jam. waktu yang tepat untuk pemanenan adalah pagi hari sekitar pukul 07.00 agar sore harinya kroto sudah sampai dipedagang pengepul atau pengecer. Hal ini penting untuk diperhatikan karena ketahanan kroto segar atau kroto hidup adalah sekitar 10 jam.

   Demikian Panen kroto dari beternak semut rangrang. semoga bermanfaat.
 

1 comment:

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete